Aryarachimanisa’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Syariah Mampu Membangkitkan Perekonomian

on June 21, 2010

Sebagai mahasiswa yang belajar secara mendetail tentang keuangan syariah. Saya ingin berbagi impian terhadap Anda. Ketika saya sedang mendalami studi tentang akad-akad syariah, saya mengenal produk salam, istisna, dan muzaraah. Yang saya pahami dari ketiga produk ini adalah ketiganya adalah jenis produk yang menghubungkan kita dengan kalangan petani dan kalangan pengusaha mikro lainnya. Dalam membangun ekonomi bangsa, bukankah mengembangkan usaha mikro adalah salah satu caranya? Maka, alangkah baiknya jika ketiga produk tersebut dikembangkan secara pesat. Memang tidak mudah menyeleksi petani yang profesional dan loyal terhadap bank, dan mendatangkan keuntungan berupa bagi hasil. Tapi saya ingin menekankan bahwa lahan di Indonesia sangatlah luas dan masih banyak yang belum dimanfaatkan, banyak tenaga lulusan pertanian yang bisa diberdayakan. Mengapa tidak direkrut saja dan bank syariah punya lahan produktif sendiri yang dikelola oleh tenaga profesional, hal ini juga dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain. Memang hal itu tidak bisa instan dilakukan, tetapi jika diiringi dengan perencanaan yang baik dan berjalan dengan perlahan tapi pasti, hal tersebut akan sedikit-demi sedikit memajukan kehidupan masyarakat dan memajukan perekonomian negara kita. Dengan terlepas dari sistem bunga yang seringkali membuat mata uang kita fluktuasi, kita dapat menstabilkan mata uang kita dengan menerapkan sistem syariah dalam segala bidang.

Insya Allah Bank Syariah membuka kerjasama dengan banyak pihak dari mulai pengusaha besar sampai usaha mikro kecil dan menengah. Sehingga geliat bank syariah yang semakin aktif akan kembali membangkitkan perekonomian. Selain itu, pemberdayaan SDM dari syariah sangat diperlukan, karena lulusan keuangan syariah dilatih untuk ahli di bidang syariah, ahli dalam hukum-hukumnya, ahli bahasanya, dan ahli dalam praktek perbankan.

Semoga semangat dalam memajukan syariah terus ditingkatkan, karena jika ingin ekonomi Indonesia stabil, maka perbankan syariah adalah salah satu elemen yang mampu mendorongnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: