Aryarachimanisa’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Bangkitnya Sistem Syariah

on April 20, 2009

Maksud dari tanah yang mati ini adalah tanah yang tidak ada pemiliknya dan tidak sedang digarap oleh siapapun.  Menurut hadist Nabi, “Baransiapa yang menghidupkan tanah yang mati, maka akan jadi miliknya”. Dalam hukum islam, tanah yang tidak sedang digarap oleh orang lain diperbolehkan untuk digarap dan dimiliki.

Jaman sekarang banyak sekali terjadi sengketa tanah terjadi. Kata siapa fiqh tentang tanah hanya terjadi di masa lalu? Jaman sekarang tanah-tanah tersebut masih banyak tersebar di penjuru Indonesia. Tanah yang mati dapat dikelola kemudian dimanfaatkan. Tetapi hukum Indonesia yang berlapis kadang menyulitkan birokrasinya. Tetapi, hukum islam saja sudah membolehkan kalau tanah tersebut dapat dimiliki. Bukankah negara kita ini adalah negara yang mayoritas islam? bahkan hukum-hukumya pun terkadang berlandaskan hukum islam. Jadi, bukankah qta seharusnya dapat mengikuti hukum-hukum tersebut? Intinya, jika sebuah perusahaan ingin mendirikan pabrik atau perusahaanya di tanah kosong yang belum ada menggarap, itu sah-sah saja. Maka, penting bagi perusaahaan atau pebisnis tahu tentang fiqh-fiqh muamalah, salah satunya adalah fiqh tentang tanah sendiri. Maka, dapat diperkirakan konsultan syariah sekarang penting peranannya, mengingat sekarang banyak sistem yang merubah haluannya ke sistem syariah. Dimulai dari ekonomi, perbankan bahkan hukum. Sistem syariah baru-baru ini dikembangkan sebagai solusi dari krisis global. Dengan syariah semuanya dapat terselesaikan. Di China sendiri berdiri bank yang landasannya syariah Islam, sangat menyerupai bank syariah, tetapi China tidak mau mengakuinya. Banyak hal dari Islam sekarang dipakai untuk hal-hal berkaitan dengan sosial. Itu bukanlah bukti kalau orang islam mau mengambil kesempatan, tapi itu adalah bukti kalau islam itu adalah agama yang universal, agama yang mendunia, bukan agama teroris yang banyak diberitakan oleh negara-negara koalisi Israel.

Pelajaran agama bahkan diterapkan dalam jenjang waktu 12 tahun sekolah, dari mulai SD sampai SMA. Kurang apalagi, kalau negara kita ini banyak tunas muda yang patut diperkuat keimanannya.

Hidup Syariah, teruslah berkembang dalam bidangnya. Islam Is good


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: