Aryarachimanisa’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Lembaga Keuangan

on April 17, 2009

Yang kami ketahui tentang lembaga keuangan. Lembaga keuangan adalah badan usaha  yang aset utamanya berupa aset keuangan dan tagihan yang dapat berupa saham, obligasi, dan pinjaman daripada aktiva riil, bangunan, dan perlengkapan. Menawarkan jasa dalam bidang keuangan dapat berupa jasa tabungan, dana pensiun, asuransi,  dan transfer dana. Proses transfer dana dapat terjadi antara pihak yang kelebihan dana (surplus unit) kepada pihak yang membutuhkan dana (defisit unit) yang pada umumnya memerlukan perantara yaitu, lembaga keuangan. Proses intermdiasi tersebut memberikan 2 manfaat utama, yaitu memberikan kesempatan kepada pihak surplus unit untuk menenemkan dananya dan memperoleh keuntungan, sehingga terjadi mobilisasi dana, dan fungsi yang lain adalah memindahkan resiko dari penabung yaitu dari surplus unit kepada lembaga keuangan atau kepada pemakai dana (defisit unit). Jadi, lembaga keuangan tersebut dimaksudkan agar proses alokasi atau transfer dana dai pihak surplus unit kepada pihak defisit unit bisa berjalan lebih efisien.

Lembaga keuangan terbagi 2 kelompok, menurut kemampuan menghimpun dana dari masyarakat yaitu, lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan non bank ( asuransi, penggadaian, sekuritas dan pembayaran).

Perana lembaga keuangan           :

Lembaga keuangan berperan dalam berbagai bidang. Yaitu,

1.    Pengalihan aset (Asset Transmutation)

Lembaga keuangan memiliki aset yang dapat digunakan sebagai pinjaman kepada pihak yang lain dalma jangka waktu yang diatur sesuia kebutuhan piminjam.  Dana pembiayaan aset tersebut diperoleh dari tabungan masyarakat. Dengan demikian lembaga keuangan sebenarnya hanyalah mengalihkan atau memindahkan kewajiban peminjam menjadi suatu aset dengan suatu aset dengan suatu jangka waktu jatuh tempo sesuai keinginan penabung. Proses pengalihan kewajiban menjadi suatu aset disebut transmutasi kekayaan.

2.    Likuiditas (Liquidity)

Likuiditas berkaitan dengan kemampuan untuk memperoleh uang tunai pada saat dibutuhkan. Beberapa sekuritas sekunder dibeli sektor usaha dan rumah tangga terutama dimaksudkan untuk tujuan likuiditas. Sekuritas sekunder seperti tabungan, deposito, sertifikat deposito yang diterbitkan bank umum memberikan tingkat keamanan dan likuiditas yang tinggi, di samping tambahan pendapatan.

3.    Realokasi pendapatan (income reallocation)

Dalam menghadapi kehidupan yang mengalami pasang-surut, seperti sekarang, maka suatu hari nanti diperlukan lagi dana. Maka perlu adanya realokasi pendapatan untuk mengalokasikan dana untuk masa yang akan datang.  Maka, lembaga keuangan seperti bank dan dana pensiun berperan penting dalam hal ini.

4.    Transaksi (Transaction)

Untuk membantu kegiatan masyarakat dalam transaksi jual beli sehari-hari seperti adanya giro dan sekuritas sekunder lainnya.

 

Faktor-faktor yang mendorong pentingnya peranan lembaga keuangan adalah,

1.    Besarnya pendapatan masyarakat

2.    Pesatnya perkembangan teknologi dan industri

3.    Keuntungan jangka panjang

4.    Risiko yang lebih kecil

 

Lembaga keuangan merupakan bagian dari sistem keuangan. Sistem keuangan merupakan suatu jaringan pasar uang dimana adanya rumah tangga, badan usaha dan sektor pemerintah. Secara keseluruhan, lembaga-lembaga keuangan yang ada dalam sistem keuangan di Indonesia adalah sebagai berikut      :

1.    Sistem moneter

a.    Otoritas moneter

1)    Bank sentral

b.    Bank pencipta uang giral

2)    Bank Umum

2.    Di luar sistem moneter

a.    Bank bukan pencipta uang giral

1)    BPR

b.    Lembaga pembiayaan

1)    Perusahaan Modal Ventura

2)    Perusahaan Sewa Guna Usaha

3)    Perusahaan Anjak Piutang

4)    Perusahaan Penggadaian

c.    Perusahaan Asuransi

1)    Asuransi Sosial

2)    Asuransi Jiwa

3)    Asuransi Kerugian

4)    Reasuransi

d.    Dana pensiun

e.    Pasar modal

f.     Pasar Uang

g.    Perusahaan Reksa Dana

 

Sumber          :

Modul Lembaga Keuangan, Benny Barnas

Martono.2002.Bank dan Lembaga Keuangan Lain.Yogyakarta:CV Adipura.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: